BISNIS INTERNASIONAL

Standar

PERBEDAAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DAN PEMASARAN INTERNASIONAL :

> PERDAGANGAN INTERNASIONAL :

Perdagangan internasional merupakan suatu transaksi saling tukar-menukar antara negara yang ada didunia ini. Atau kita biasanya menyebutnya dengan kegiatan ekspor dan impor. Kegiatan perdagangan ini biasanya berada kegiatan dibidang ekonomi, teknologi , dan lain-lain yang pastinya sangat penting untuk semua negara-negara yang ada didunia ini.

> PEMASARAN INTERNASIONAL :

Suatu keadaan dimana suatu perusahaan terlibat langsung didalam suatu bisnis internasional tersebut. Perusahaan tersebut mempunyai hasil produksi dan langsung memasarkannya dipasar luar negeri dengan cara melihat keadaan pasar yang akan mereka pasarkan.

JADI , perbedaan antara perdagangan internasional dan pemasaran internasional adalah perdagangan internasional  merupakan kegiatan saling tukar- menukar antar negara untuk memenuhi kebutuhan negaranya masing-masing (ekspor-impor ). Tetapi, kalau pemasaran internasional merupakan yang menghasilkan barang produksinya  memasarkan barang tersebut di pasar luar negeri dan mereka juga langsung melihat keadaan yang terjadi pada pasar dimana tempat mereka pasarkan barang-barang produksinya.

ALASAN NEGARA MELAKUKAN BISNIS INTERNASIONAL :

> Tidak ada negara yang dapat hidup sendiri pasti memerlukan bantuan dari negara lain berupa barang maupun jasa.

> Pastilah setiap negara ingin memenuhi semua kebutuhan akan warga negaranya yaitu dengan cara melakukan impor dari luar negeri.

> Menambah pendapatan negara jika kita menjual barang-barang yang kita produksi kepada negara lain.

> Adanya jalinan persahabatan antar negara satu dengan lainnya.

> Dapat memperluas keadaan pasar akan barang yang kita produksi di luar negeri.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BISNIS INTERNASIONAL :

#PENGHAMBAT BISNIS INTERNASIONAL :

1. Tidak amannya suatu negara : Jika suatu negara tidak aman, para pedagangnya beralih ke negara lain yang lebih aman. Semakin aman keadaan, semakin mendorong para pedagang untuk melakukan perdagangan internasional.

2. Kebijakan ekonomi internasional yang dilakukan oleh pemerintah :  Ada kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh suatu negara yang merupakan hambatan bagi kelancaran perdagangan internasional. Misalnya, pembatasan jumlah impor, pungutan biaya impor/ekspor yang tinggi, perijinan yang berbelit-belit.

3. Tidak stabilnya kurs mata uang asing : Kurs mata uang asing yang tidak stabil membuat para eksportir maupun importir mengalami kesulitan dalam menentukan harga valuta asing. Kesulitan tersebut berdampak pula terhadap harga penawaran maupun permintaan dalam perdagangan. Hal ini membuat para pedagang internasional enggan melakukan kegiatan ekspor dan impor.

4. Adanya perbedaan bahasa : perbedaan dalam bahasa seringkali merupakan hambatan bagi kelancaran bisnis Internasional, hal ini disebabkan karena bahasa adalah merupakan alat komunikasi yang vital, baik bahasa lisan maupun tertulis. Tanpa komunikasi yang baik maka hubungan bisnis sukar untuk dapat berlangsung dengan lancar.

5.  Hambatan operasional :  Hambatan perdagangan atau bisnis internasional yang lain adalah berupa masalah operasional yakni transportasi atau pengangkutan barang yang diperdagangkan tersebut  dari negara yang satu ke nengara lain.

#MEMPELANCAR BISNIS INTERNASIONAL :

1. Setiap negara tidak dapat memenuhi hidupnya sendiri jadi harus adanya bantuan ataupun impor dari luar negeri.

2. Dapat mendorong kemajuan teknologi.

3. Terdapat penambahan pendapatan yang diterima.

4. Adanya rasa percaya akan setiap negara yang menjalani kesepakatan.

5. Dapat membuat perluasan akan pasar luar negeri dari barang yang kita produksi.

Sumber :

Pendapat Pribadi

http://www.crayonpedia.org

http://olga260991.wordpress.com

http://gabyclarasintapw.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s