PELAKU PEREKONOMIAN INDONESIA

Standar

1. Badan Usaha Milik Negara ( BUMN )

images..

Pengertian dari BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. Adapun yang dimaksud dengan kekayaan negara yang dipisahkan adalah kekayaan negara yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN ) untuk dijadikan modal BUMN.

Berikut ini beberapa peran BUMN dalam perekonomian nasional :

> Menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

> Pelopor atau perintis dalam sektor-sektor yang belum diminati usaha swasta.

> Pelaksanaan pelayanan umum seperti membangun jalan, fasilitas sekolah atau kesehatan, dan penyediaan air bersih.

> Penyeimbang  kekuatan-kekuatan swasta yang besar dan membantu pengembangan usaha kecil dan koperasi.

> Sumber penerimaan negara seperti pajak, keuntungan perusahaan, maupun dari hasil produksi.

Mungkin di antara kalian ada yang pernah mendengar nama-nama perusahaan seperti PT Bank Rakyat Indonesia ( BRI ), PT Asuransi Jasa Raharja , PT Pelabuhan Indonesia, atau PT pupuk Sriwijaya (PUSRI). Perusahaan itulah adalah sebagian dari contoh Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ).

Dari beberapa contoh perusahaan BUMN yang disebutkan diatas, bahwa di BUMN ada BUMN yang berbentuk Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Perseroan Terbuka, dan Perusahaan Umum (Perum).

A.  BUMN berbentuk Persero

Perusahaan ini milik negara karena hampir seluruhnya atau paling tidak 51% dari saham di perusahaan tersebut milik negara. Adapun yang dimaksud dengan saham (stock) adalah surat bukti pemilikkan hak terhadap perusahaan karena ikut menanamkan modalnya kepada perusahaan tersebut.

B. BUMN berbentuk Persero Terbuka

BUMN yang berbentuk Perusahaan Perseroan Terbuka adalah Persero yang modal dan jumlah pemegang sahamnya memenuhi kriteria tertentu atau persero yang melakukan penawaran umum sesuai dengan peraturan pasar modal.

C. BUMN berbentuk Perusahaan Umum

BUMN yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum) adalah BUMN yang modalnya tidak berupa saham dan seluruh modalnya dimiliki negara. Perum lebih bertujuan untuk menyediakan barang maupun jasa yang dibutuhkan masyarakat meskipun tetap berusaha mencari keuntungan.

 

2. Badan Usaha Milik Swasta ( BUMS )

Pengertian BUMS adalah badan usaha yang modalnya merupakan milik swasta baik perorangan maupun kelompok. Jika modal BUMN dimilki oleh pemerintah , modal BUMS berasal dari perorangan atau kelompok yang bersepakat mendirikan suatu usaha. BUMS merupakan pelaku perekonomian yang juga sangat penting di Indonesia dengan menangani sektor-sektor usaha yang belum ditangani BUMN atau koperasi. Adanya peranan BUMS dalam perekonomian Indonesia menunjukkan salah satu ciri ekonomi Pancasila yang tidak menginginkan peranan pemerintah yang terlalu besar. Pemberian peluang kepada BUMS juga akan dapat menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk ikut berperan serta dalam perekonomian nasional.

 

3. Koperasi

unduhan (2)

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorangan atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Dari definisi tersebut kita tahu bahwa tujuan dari dibentuknya koperasi ialah untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya  dan masyarakat.

Secara garis besar, koperasi dapat dibedakan menjadi 2 :

> Koperasi Primer : yaitu koperasi yang beranggotakan perorangan dengan syarat setidaknya ada 20 orang yang menjadi anggota.

> Koperasi Sekunder : yaitu koperasi yang beranggotakan badan hukum koperasi dengan anggota setidaknya tiga koperasi.

 

Jika BUMN memperoleh  modal dari negara, BUMS dari perorangan atau kelompok, darimanakah modal untuk koperasi menjalankan usahanya ?. Modal koperasi dapat berasal dari modal sendiri, yaitu berasal dari simpanan pokok, simpanan wajib, dana cadangan dan hibah. Selain itu, modal koperasi juga berasal dari pinjaman, yaitu dari anggota koperasi , koperasi lain, bank atau lembaga keuangan, penerbitan obligasi dan surat hutang, atau dari sumber lain yang sah.

Di dalam perekonomian Indonesia , koperasi memiliki fungsi dan peran, yaitu :

> Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.

> Berperan secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.

> Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi.

> Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi

 

Sumber : Buku Ekonomi (IPS TERPADU ) SMP Kelas 8

 

unduhan (3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s