PETA PEREKONOMIAN INDONESIA DARI SEGI SUMBER DAYA MANUSIANYA

Standar

Jika kita lihat sejarah mengenai pertumbuhan penduduk di Indonesia sebelum orde baru, pertumbuhan penduduk Indonesia masih cukup tinggi lebih atau kurang 2,8%. Dan setelah pemerintahan orde baru barulah menyadari bahwa pertumbuhan tersebut harus dikurangi, maka mulai masa Repelita I sampai dengan masa Repelita IV, pertumbuhan penduduk kita hanya berkisar antara 2,1% sampai dengan 2,3% dan 1,9% diperkirakan untuk masa Repelita selanjutnya.

Sebagai salah satu negara yang masih berkembang, Indonesia memang menghadapi masalah sumber daya manusia, diantaranya :

> Pertumbuhan Penduduk yang masih tinggi.

> Penyebaran yang kurang merata.

> Kurang seimbangnya struktur dan komposisi umur penduduk, yang ditandai dengan besarnya jumlah penduduk yang berusia muda serta mutu penduduk yang masih relatif rendah.

=> Tindakan-tindakan pemerintah yang telah dilakukan untuk menekan laju penduduk yang tinggi.

1. Melaksanakan program keluarga berencana. Dengan program ini pemerintah ingin menjelaskan dan membuka kesadaran masyarakat bahwa “anak banyak” akan memberi konsekuensi ekonomis yang lebih berat. Secara tidak langsung program keluarga berencana ini ingin memprioritaskan segi kualitas anak, dibanding segi kuantitas.

2. Meningkatkan mutu SDM (dengan pendidikan formal maupun informal) yang telah ada, sehingga dapat menunjang peningkatan produktifitas guna mengimbangi laju pertumbuhan penduduknya.

Penyebaran penduduk yang tidak merata menyebabkan tidak seimbangnya kekuatan ekonomi secara umum. Akibat lanjutnya adalah terjadinya ketimpangan daerah miskin dan daerah kaya. Tidak seimbangnya beban penduduk antar daerah itu akan berdampak kepada terpusatnya modal didaerah tertentu saja. Maka secara tidak langsung kondisi ini akan menyebabkan turunnya pertumbuhan industri dan secara otomatis akan menghambat pertumbuhan ekonomi secara nasional.

=>Tindakan yang dapat dan telah dilakukan pemerintah :
1. Penyelenggaraan program transmigrasi, sehingga akan terjadi pemerataan sumber daya ke daerah-daerah yang masih membutuhkan. Dengan program ini diharapkan para peserta transmigran dapat meninggalkan ketidakproduktifan mereka, justru mereka mempunyai kesempatan memperbaiki ekonomi mereka dengan mengembangkan daerah baru yang mereka tempati.

2. Memperbaiki dan menciptakan lapangan-lapangan kerja baru di daerah-daerah tertinggal. Sehingga penduduk sekitar tidak perlu kekota atau pulau jawa utnuk bisa bekerja. Dengan demikian arus urbanisasi dari desa ke kota , dari luar ke pulau jawa dapat dikurangi.

Komposisi penduduk yang tidak seimbang dapat menimbulkan proses regenerasi kegiatan produksi menjadi tidak lancar. Dengan demikian perlu dilakukan tindakan secepatnya untuk membekali dan mempersiapkan tenaga-tenaga kerja muda di Indonesia dengan pendidikan formal dan informal, dengan keterampilan dan pengetahuan yang mendesak.

=> Langkah-langkah yang akan dan telah dapat ditempuh pemerintah untuk mengatasi hal ini adalah :

1. Meninjau kembali sistem pendidikan di Indonesia yang masih bersifat umum (general), untuk dapat lebih disesuaikan dengan disiplin ilmu khusus yang lebih sesuai dengan tuntutan pembangunan. Sehingga lulusan yang dihasilkan menjadi lulusan yang siap untuk bekerja dan bukannya siap “latih kembali”.

2. Menciptakan sarana serta prasarana pendidikan yang lebih mendukung langkah pertama.

Kesimpulannya : Di Indonesia penduduknya bertumbuh sangat tinggi (melonjak) itu dikarenakan di antara keluarga-keluarga Indonesia memliki banyak anak, yang menyebabkan ekonomi dikeluarga tersebut mengalami konsekuensi yang berat. pemerintah sudah melakukan berbagai tindakan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk tersebut tapi belum menghasilkan hasil yang memuaskan. bairpun laju pertumbuhan manusianya tinggi itu tidak disamakan dengan mutu dari Sumber daya Manusia itu sendiri. masih ada saja manusia yang kurang pengetahuannya (mutunya kurang) jadinya menganggur. itu disebabkan faktor daerah-daerah terpencil yang kurang akan pengetahuannya. untuk mengatasi hal tersebut pemerintah sudah melakukan program transmigrasi agar orang-orang yang berada didaerah desa dapat meningkatkan mutu dengan cara mereka belajar di kota, pemerintah memberikan pembelajaran tersebut bisa berupa formal dan informa.

Sumber :

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/perekonomian_indonesia/bab3-peta_perekonomian_indonesia.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s