PERLINDUNGAN HAK CIPTA

Standar

gmbrrrr'

 

Kali ini saya akan mengenai hak cipta, dan juga membahas mengenai bagaimana caranya yang baik kalau kita ingin menyalin tulisan orang lain serta ada juga hukum yang mengatur hak cipta ini.

Pertama-tama kita mengetahui dahulu mengenai Hak cipta. Apa itu Hak Cipta ?

Hak  cipta adalah hak eksekutif Pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas.

Di Indonesia, masalah mengenai hak cipta diatur dalam Undang-Undang hak cipta, yaitu yang berlaku saat ini, Undang-Undang Dasar Nomor 19 tahun 2002. Dalam Undang-Undang tersebut, pengertian hak cipta adalah “hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perUndang-Undangan yang berlaku.”

 

=> Berikut ini adalah Undang-Undang tentang hak cipta

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia nomor 19 tahun 2002

Ketentuan pidana.

  1. Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
  2. Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu Ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
  3. Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu Program Komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

Dari pasal tersebut sudah jelas bahwa yang namanya melanggar itu akan dikenakan denda pidana maupun secara komersial hal ini kembali lagi pada masing-masing orang. apakah kita mau menjiplak hasil karya orang lain yang akan kena denda dari pasal tersebut atau mengjasilkan suatu karya sendiri dengan atas hak cipta yang kita buat.

=> Pendapat saya mengenai pengambilan hak cipta dengan sengaja atau tidak sengaja tanpa sepengetahuan pemilik atau pengunggahnya termasuk bukan yang baik. Perbuatan tersebut pastinya telah melanggar aturan perUndang-Undangan mengenai hak cipta, dimana pelaku pelanggaran telah dianggap mencuri karya cipta orang lain. Di Indonesia telah banyak kasus mengenai pelanggaran hak cipta contohnya : tidak mencantumkan sumber jika kita hendak menyalin tulisan dari website orang lain.

Tetapi masih banyak orang yang tidak memperdulikan mengenai hal tersebut dan tetap saja mengulangi hal tersebut. Sebenarnya jika hal tersebut terus terjadi dampaknya yaitu akan menghambat daya kreativitas bangsa Indonesia, karena dengan gampangnya menyalin tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Sebaiknya jika kita ingin menyalin tulisan atau informasi dari orang lain seharusnya meminta izin dahulu terhadap pemilik, dan harus mencantumkan nama web atau sumber yang kita ambil tulisan. Tapi, bisa juga membayar sejumlah uang atau royalti kepada pihak yang memiliki karya tersebut.

 

Sumber :

http://gangsarnovianto.blogspot.com/2012/04/penyelesaian-masalah-hak-cipta.html?m=1

http://id.m.wikipedia.org/wiki/hak_cipta

Pendapat pribadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s