Rangkuman Tentang Bagaimana Membuat Sebuah Tulisan yang Baik dan Benar

Standar

Seorang Mahasiswa yang ingin mewujudkan sebuah kemapuan menulis yang baik dan benar haruslah ada ketentuan dari fakta-fakta yang mendukungnya. Fakta-fakta tersebut yaitu Ragam Bahasa, Ejaan (EYD), Diksi (Pilihan Kata), Kalimat Efektif, Alinea dan Pengembangannya, Kerangka Karangan serta Kutipan dan Daftar Pustaka.
Ragam Bahasa merupakan sebuah fakta yang pertama untuk membuat tulisan menjadi baik. Ragam bahasa digunakan untuk mencari variasi bahasa untuk dipakai secara tepat di tulisan yang dibuat. Fakta yang kedua EYD/Ejaan yang disempurnakan. Dimana EYD ini merupakan aturan yang dipakai tentang tata cara membuat tulisan yang baik dan benar. Aturannya bisa dalam menggunakan kata, huruf dan tanda baca yang akan dipilih. Fakta yang ketiga yaitu Diksi (Pilihan Kata) yang merupakan upaya yang harus dilakukan penulis untuk memilih kata tertentu guna untuk dimasukkan ke dalam wacana.
Fakta keempat adalah kalimat efektif yang merupakan sebuah susunan di penulisan yang dapat menimbulkan gagasan untuk para pembaca dan juga pembaca dapat mengerti maksud dari tulisan yang dibuat tersebut. Fakta kelima adalah Alinea dan Pengembangannya yang merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang disusun menjadi Alinea atau Paragraf yang padu disebuah tulisan, dan dari alinea ini dapat dikembangkan oleh penulis sesuai dengan topik yang mengandung inti permasalahannya.
Fakta keenam adalah Kerangka Karangan yang merupakan rencana teratur yang dibuat penulis mengenai pembagian dan penyusunan gagasan. Didalam kerangka karangan juga dapat melihat apakah masih ada atau tidak tulisan yang tidak sesuai. Fakta ketujuh adalah Kutipan dan Daftar Pustaka dimana merupakan yang selalu ada jika membuat penulisan oleh mahasiswa. Kutipan merupakan sebuah kalimat gagasan atau ide yang dipakai atau yang diambil maupun dimuat penulis di dalam tulisan yang dibuatnya. Kutipan ini juga dapat memperkuat bukti dari penelitian kebenaran yang dibuat penulis. Selain itu untuk daftar pustaka merupakan sederet sumber yang digunakan untuk membantu jalannya penulisan tersebut. Daftar pustaka juga dapat membantu pembaca yang ingin tahu darimana penulis mengambil atau melihat sumber yang digunakan untuk menunjang penulisan dari penulis tersebut.
Jadi karena itu, jika seorang mahasiswa yang ingin membuat sebuah tulisan ilmiah yang isinya baik dan benar haruslah sesuai dengan ketentuan yang ada, maka penulis atau mahasiswa tersebut harus tahu mengenai fakta-fakta apa saja yang sesuai dengan ketentuan yang dapat mewujudkan tulisan ilmiah yang baik dan benar.

 

thank_you

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s